Laman

Pesan Nene' Mallomo

Salah satu petuah dari Nene’Mallomo mengatakan bahwa orang Sidrap harus mempunyai sifat Macca (pintar), Malempu (jujur), Magetteng (konsisten), Warani (berani), Mapato (rajin), Temmapasilengang (adil) serta sifat Deceng Kapang (menghormati orang lain).

Nene’Mallomo juga merupakan penggagas falsafah hidup masyarakat Bugis Sidrap, yang terkenal dengan 5 (lima) M, yaitu
; Massappa (mencari rezeki yang halal), Mabbola (membangun rumah dari rezeki yang halal), Mappabotting (mempererat silaturrahmi dengan ikatan pernikahan), Mappatarakka Hajji (menunaikan ibadah haji) dan Mattaro Sengareng (merendahkan diri dan keikhlasan).

Salah satu pappaseng (pesan) Nene’Mallomo bagi aparat kerajaan adalah :
Tellu tau kupaseng : Arung Mangkauk e, pabbicara e,, suro e. Aja pura mucapak i lempu e o arung mangkauk. Malempuko mumadeceng bicara, mumagetteng, apak i ariasennge malempu, madeceng bicara e lamperi sungek. Apak teammate lempu e, temmaruttung lappa e, teppettu maompennge, teppolo masselomo e.
Yang berarti :
“Aku berpesan kepada tiga golongan : Maharaja, pabbicara dan pesuruh. Jangan sekali-kali engkau meremehkan kejujuran itu, hai maharaja. Berlaku jujurlah serta peliharalah tutur katamu, engkau harus tegas. Sebab yang disebut kejujuran, tutur kata yang baik itu memanjangkan usia. Oleh karena takkan mati kejujuran itu, takkan runtuh yang datar, takkan putus yang kendur, takkan patah yang lentur”.

Oleh karena kearifan serta kebijaksanaannya, Nene’Mallomo kemudian menjadi ikon dari Kabupaten Sidenreng Rappang, yaitu sebagai Bumi Nene’Mallomo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar